Senin, 03 Juni 2013

RESISTOR dan FUNGSINYA

Pengertian Resistor dan Fungsinya

Resistor

Secara umum pengertian resistor adalah sebuah komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai tahanan atau penghambat arus listrik. Resistor sendiri terbuat dari bahan isolator yang memiliki nilai hambatan tertentu sesuai dengan nilai yang diinginkan. Dengan nilai satuan yang hanya memiliki beberapa Ohm, hingga jutaan Ohm.

Dari jenisnya sendiri, resistor terbagi menjadi dua macam, yaitu antara lain resistror tetap dan resistor variabel. Untuk resistor tetap memiliki kode warna khusus yang melingkar pada tubuh resistor yang menyimbolkan nilai resistansi yang dimiliki sebuah resistor.

Resistor
Gambar Resistor Tetap
Setiap warna memiliki nilai tersendiri, sehingga jika diterjemahkan akan menunjukan besar nilai resistansi yang dimiliki sebuah resistor. Berikut tabel kode warna untuk resistor :

Kode Warna Resistor
Tabel Kode Warna Resistor

Jika melihat tabel kode warna resistor, maka dapat diambil contoh sebagai berikut : Jika terdapat sebuah resistor dengan warna Cokelat, Kuning, Hitam, Cokelat dan Perak maka dapat diketahui resistor itu memiliki nilai 140 x 10 = 1400 Ohm dengan nilai toleransi sebesar +10%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar